Claire Williams tetap bertanggung jawab di mantan juara Formula Satu

Wakil kepala tim Williams, Claire Williams mengatakan dia akan tetap bertanggung jawab di mantan juara Formula Satu untuk sementara waktu setelah tim itu dijual kepada pemilik baru pekan lalu.

Claire Williams tetap bertanggung jawab di mantan juara Formula Satu

“Untuk saat ini bisnis seperti biasa, tidak ada yang berubah di sini dan sekarang dan kami menantikan balapan akhir pekan ini,” putri pendiri tim berusia 78 tahun, Frank, yang masih menyandang gelar tim. kepala sekolah, mengatakan kepada wartawan melalui konferensi video di Grand Prix Belgia pada hari Jumat.

“Saya di sini dalam kapasitas saya bahwa saya menjalankan tim (pada balapan terakhir) di Barcelona dan balapan sebelumnya dan itu akan terus terjadi,” katanya, menambahkan bahwa Mike O’Driscoll tetap menjadi kepala eksekutif tim.

Williams mengumumkan penjualan mereka ke Dorilton Capital yang berbasis di AS minggu lalu.

Tim, yang pembalapnya musim ini adalah pembalap Inggris George Russell dan Nicholas Latifi dari Kanada, adalah konstruktor ketiga tertua dan tersukses dalam sejarah Formula Satu.

Mereka telah memenangkan 114 balapan dan 16 gelar secara keseluruhan, tetapi tim terakhir merasakan kesuksesan kejuaraan pada tahun 1997 sementara kemenangan balapan terakhir mereka terjadi pada tahun 2012.

Mereka finis terbawah klasemen konstruktor tahun lalu rakuten365 dan merupakan satu-satunya tim yang belum mencetak poin musim ini.

Penjualan tersebut, didorong oleh kebutuhan untuk mengamankan masa depan tim yang keuangannya menderita karena kinerja di jalur yang buruk baru-baru ini dan dampak pandemi COVID-19, menandai akhir dari era pakaian milik keluarga.

Berbicara kepada wartawan untuk pertama kalinya sejak perubahan kepemilikan diumumkan, Williams menegaskan bahwa Dorilton, sebuah perusahaan investasi swasta, telah mengakuisisi 100 persen saham tim dengan keluarga yang tidak memiliki kepemilikan saham.

Perusahaan, yang melakukan peninjauan terhadap operasi tim, mengatakan mereka berniat untuk melanjutkan dengan nama Williams.

Dia juga menepis spekulasi bahwa mantan kepala eksekutif Formula Satu Bernie Ecclestone terkait dengan pemilik baru tim.

“Bernie tidak ada hubungannya dengan kepemilikan baru kami,” kata Williams. “Dorilton Capital benar-benar independen, Bernie bukanlah pemilik baru Williams.”

Dia mengatakan Dorilton, yang sampai kesepakatan Williams tidak memiliki investasi motorsport dalam portofolio mereka, adalah perusahaan investasi yang didukung keluarga tetapi tidak mengungkapkan identitas mereka.

“Saya tidak punya komentar untuk dibuat (tentang itu),” tambah Williams. “Kami akan dapat memperjelasnya dalam beberapa minggu dan bulan mendatang.

“Tapi mereka telah melakukan banyak sekali uji tuntas sejak awal proses ini. Mereka sedang dalam proses dari awal.

“Saya memiliki keyakinan mutlak bahwa mereka adalah orang yang tepat untuk membawa tim ini maju.”