Mantan duta besar AS untuk Singapura telah mengundurkan diri

Mantan duta besar AS untuk Singapura mengatakan dia telah mengundurkan diri dari dewan sebuah perusahaan di negara itu terkait dengan penawaran kelompok untuk klub sepak bola Inggris Newcastle United dengan alasan “pengungkapan baru-baru ini” tentang kelompok itu.

Mantan duta besar AS untuk Singapura telah mengundurkan diri

Kirk Wagar mengatakan dia telah mundur dari dewan direksi Axington, sebuah perusahaan yang terdaftar di bursa junior bursa Singapura. Pengusaha dan sepupu Singapura Terence Loh dan Nelson Loh adalah pemegang saham pengendali di perusahaan dan ketuanya adalah pedagang perhiasan Cina Evangeline Shen.

Lohs dan Shen adalah pemegang saham tunggal dan direktur Bellagraph Nova Group (BN Group) yang baru didirikan, yang menggambarkan dirinya sebagai “konglomerat” dengan omset tahun lalu sebesar US $ 12 miliar yang sedang dalam pembicaraan lanjutan untuk membeli Newcastle.

Reuters melaporkan pada hari Sabtu bahwa BN Group yang terdaftar di Singapura telah mengakui telah mengubah foto mantan Presiden AS Barack Obama dalam materi pemasaran.

BN Group juga mengatakan beberapa informasi dalam materi tersebut dirilis sebelum waktunya atau mengandung kesalahan setelah Reuters menemukan ketidakkonsistenan ketika berbicara dengan perusahaan dan orang yang menurut BN Group terlibat.

Pengumuman mengejutkan dari tawaran Newcastle menambah spekulasi bertahun-tahun atas masa depan klub, yang telah menjadi subyek dari beberapa tawaran pengambilalihan yang sia-sia, termasuk kesepakatan senilai US $ 390 juta yang didukung Saudi yang runtuh awal bulan ini.

Surat kabar The Straits Times pada Rabu (26 Agustus) melaporkan BN Group telah mengatakan pengeposan beberapa materi pemasarannya “tampaknya merupakan hasil dari tindakan individu tertentu yang bersalah, mungkin dengan niat jahat”.

Mantan duta besar AS untuk Singapura telah mengundurkan diri

BN Group tidak menanggapi permintaan komentar dari Reuters.

Axington, yang sahamnya telah jatuh sekitar 15 persen minggu ini dan perdagangan dihentikan pada hari Rabu menunggu pengumuman, tidak menanggapi permintaan komentar.

Axington telah mengatakan dalam pengajuan dengan Singapore Exchange bahwa mereka berencana untuk mengubah namanya menjadi NETX, nama perusahaan robotika BN Group dikatakan sebagai bagian dari konglomeratnya.

Wagar, yang merupakan duta besar Singapura rakuten365 dari 2013 hingga 2017, mengatakan dia telah diminta untuk bergabung dengan dewan Axington pada bulan Juni oleh Lohs. Pengajuan oleh perusahaan mengatakan dia bergabung dengan dewan pada bulan Juli.

“Karena pengungkapan baru-baru ini, saya telah mengundurkan diri dari posisi itu dan meminta Axington untuk memberi tahu SGX (Bursa Singapura) dan pihak terkait lainnya tentang fakta itu,” kata Wagar dalam menanggapi permintaan komentar melalui email.

The Straits Times mengutip BN Group yang mengatakan akan menunjuk penasihat hukum independen untuk menyelidiki postingan materi pemasaran dan tidak akan menjawab pertanyaan media lebih lanjut sampai penyelidikan selesai.

Berbagai pernyataan yang dikaitkan dengan BN Group dan dipublikasikan melalui siaran pers distributor PR Newswire selama dua bulan terakhir telah dihapus. Sebuah kata sandi sekarang diperlukan untuk melihat situs web BN Group.