China dengan cepat merobohkan Stadion Buruh yang terkenal di Beijing

China dengan cepat merobohkan Stadion Buruh yang terkenal di Beijing minggu ini sebagai bagian dari rencana besar untuk mengubah infrastruktur sepak bola menjelang tawaran Piala Dunia yang diharapkan.

China dengan cepat merobohkan Stadion Buruh yang terkenal di Beijing

Arena megah di jantung ibu kota China ini hampir seluruhnya dibangun kembali dan dijadwalkan selesai pada Desember 2022.

Sekelompok orang berkumpul untuk menyaksikan stadion, yang menjadi landmark selama beberapa dekade, diratakan hanya dalam beberapa hari, dengan tiang gawang dibiarkan berdiri dengan pedih bahkan saat tribun runtuh di sekitarnya.

Stadion Pekerja dibangun pada tahun 1959 sebagai salah satu dari 10 proyek konstruksi besar untuk memperingati 10 tahun komunis Tiongkok.

Dikenal dengan sebutan “Gongti” – singkatan dari namanya dalam bahasa China – arena yang luas namun runtuh itu adalah rumah bagi klub Liga Super China, Beijing Guoan dan menjadi tuan rumah pertandingan sepak bola untuk Olimpiade 2008.

Pertandingan tim nasional China di stadion rakuten365 termasuk kekalahan terkenal dari Hong Kong pada tahun 1985, setelah itu fans tuan rumah melakukan kerusuhan – dan konser pop.

Stadion Pekerja juga menjadi tuan rumah final Piala Asia 2004, ketika Cina kalah dari musuh bebuyutan Jepang dalam situasi yang kontroversial, memicu protes kemarahan dari para penggemar.

China sedang membangun stadion sepak bola dan melakukan renovasi, meningkatkan harapan bahwa negara itu akan mengajukan tawaran untuk Piala Dunia pada awal 2030.

Stadion Pekerja yang dibangun kembali, yang sebelum dibongkar memiliki kapasitas sekitar 65.000, direncanakan untuk menjadi tuan rumah pertandingan Piala Asia 2023.

Stadion sepak bola baru bermunculan di negara terpadat di dunia dengan saingan CSL Guoan, Guangzhou Evergrande, membangun tempat raksasa dengan 100.000 kursi.